Wednesday, August 15, 2012

10 Tips dan Trik Ampuh Merawat Batrei Laptop




1. Saat Pertama Kali Membeli Laptop atau notebook, Cas Batrei Skitar 8 - 10 jam, karena batrei yang    tidak digunakan dalam jangka kurung waktu lama sebaiknya Di cas terlebih dahulu.  
      
2.
Setiap Menggunakan Laptop sebaiknya jika charging battery artinya di Cas terus, meski sudah Full tetap dicas terus Karena batrei tipe-tipe sekarang ini mempunyai CONTROLL BATTERY artinya "jika Full, batrei akan stop charging dengan sendirinya (stand by) jadi laptop otomatis langsung pakai power listrik, Dan Juga Tidak Membuat Batrei Soak atau Kembung". 

3. Jangan Melakukan sistem CdC (Charge Discharge). CdC adalah Apabila batrei penuh cabut adaptor, Dan setelah habis pasang adaptor. Ini dapat menyebabkan kinerja dan waktu bertahan batrei (Cycle Count) bekurang hingga bisa hanya hitungan menit laptop anda sudah lowbat.

4. Batrei jangan di KALIBRASI (pengosong isi batrei sampai habis 0%) karena banyak effeknya ke batrei terutama pada Cycle Count.

5. Jangan pernah BATREI DILEPAS, karena apabila tiba-tiba listrik mati perangkat laptop terjadi konsleting pada hardisk,LCD,mother board,dan perangkat lain juga mengakibatkan kerusakan pada hardware laptop. Selain Itu batrei juga mengontrol arus listrik yg masuk sebelum ke perangkat yang lain. Jadi baterai seperti resistor pada laptop anda.

6. 5 menit Sebelum Memakai laptop charging battery dulu, 5 menit setelah Laptop dimatikan baru cabut adaptor. bertujuan membuat  batrei  lebih stabil dalam mengatar daya listrik

7. Saat Menggunakan Batrei (portabel/tanpa di cas), hindari (Main Game,Putar DVD/CD, Software Grafis Tinggi ). Jika Masih Ada Power Listrk sebaiknya di cas saja.

8. Pastikan Suhu Kamar (ruangan) tidak terlalu Panas, karena suhu yang tinggi berefek menurunkan performa battery (cycle count berkurang), karena, suhu adalah kelemahan bagi  batrei .

9. Gunakan laptop seperti cara kerja PC, jika tidak ada listrik matikan saja.

10. Selalu ingat pedoman ini bahwa harga  batrei  lebih murah dari pada harga laptop anda.


No comments:

Post a Comment