Tuesday, August 14, 2012

Penyebab IDWS Down dan Kebakaran di IDC



Kali ini saya mau share tentang indowebster yang down beberapa hari ini ini, ini dia penyebabnya ane langsung ctrl+c & ctrl v dari tekno.kompas.com hehe, kan yang pokok beritanya gan. okelah monggo dibaca.

KOMPAS.com
Para engineer dan programmer dari klien IDC mengantre menunggu panggilan untuk menyalakan server mereka di kantor IDC, Duren Tiga, Jakarta Selatan.



JAKARTA, KOMPAS.com — Server-server situs web yang down akibat dampak terbakarnya perangkat uninteruptible power supply (UPS) di data center Duren Tiga, Jakarta, dinyalakan secara bertahap.
Proses ini dimulai sejak Senin (13/8/2012) dini hari, sekitar pukul 04.00 WIB, setelah situasi terkendali.
Ratusan klien yang menempatkan server mereka di IDC, sejak dini hari berdatangan untuk mengurus servernya agar secepatnya bisa hidup dan situs webnya bisa diakses oleh khalayak.

idc_antre1

Mereka berkumpul di lantai 3. Gedung IDC terdiri dari 3 lantai. Lantai 1 dan 2 digunakan untuk menempatkan server.
idc_antre3
Seorang karyawan IDC memanggil satu per satu klien atas nama perusahaan, berdasarkan posisi rak server, dari pemilik rak server dengan nomor urut paling kecil di lantai 1 sampai nomor urut paling besar di lantai 2.
idc_antre4

"Di gedung IDC Indonesia di Duren Tiga, totalnya ada 600 rak server. Di masing-masing lantai ada 300 rak," tutur Johar Alam Rangkuti, Chairman IDC Indonesia.

idc1

Di setiap lantai, rak server IDC dikelompokkan berdasarkan nama 4 musim, autumn (rak server berwarna oranye), winter (biru), spring (hijau), dan summer (merah). Nah, UPS yang terbakar itu terjadi di kelompok server autumn di lantai 2.

Seperti diberitakan sebelumnya, perangkat UPS di data center IDC Duren Tiga terbakar pada Minggu malam. Ini mengakibatkan beberapa situs berita dan situs online lainnya tak dapat diakses.

Sumber: Kompas 
Penulis:Aditya Panji | Senin, 13 Agustus 2012

No comments:

Post a Comment