Friday, February 3, 2012

Singkatan-singkatan pada networking

Berikut ini adalah singkatan yang sering di pakai dalam networking.

a) LAN (Local Area Network) => Merupakan sebuah jaringan komputer dalam ruang lingkup kecil dan tidak terhubung pada jaringan public, dimana sekumpulan komputer yang terhubung tersebut seperti sekolah, kantor yang dalam jaringan yang kecil.

b) Internet (interconnected-networking) => Merupakan fasilitas yang sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani milyaran pengguna di seluruh dunia.


c) Congestion => Merupakan kemacetan data yang di sebabkan oleh kecilnya bandwith yang dimiliki namun host yang memakai bandwith itu terlalu banyak.

d) Broadcats domain => Merupakan sebuah divisi logis dari jaringan komputer , di mana semua node dapat mencapai satu sama lain oleh broadcast pada layer data link . Sebuah domain siaran dapat dalam segmen LAN yang sama atau dapat dijembatani ke segmen LAN lainnya.

e) Collision domain => Sebuah collision domain adalah bagian dari sebuah jaringan dimana paket data dapat bertabrakan atau collision dengan satu sama lain ketika sedang dikirim pada medium yang sama pada saat yang bersamaan atau melalui repeater, khususnya menggunakan versi awal Ethernet.
f) Network address => Sebuah alamat jaringan berfungsi sebagai pengenal unik untuk sebuah komputer pada suatu jaringan. Bila diatur dengan benar, komputer dapat menentukan alamat komputer lain pada jaringan dan menggunakan alamat ini untuk mengirim pesan satu sama lain.
Salah satu bentuk yang paling terkenal dari pengalamatan jaringan adalah  IP . Alamat IP terdiri dari empat byte (32 bit ) yang secara unik mengidentifikasi semua komputer di Internet publik. banyaknya octet network berbeda-beda tergnatung kelas ipnya.
g) Direct broadcast domain => adalah alamat yang digunakan oleh router untuk mengirimkan pesan ke setiap komputer yang ada pada jaringan lokal atau alamat yang spesifik.
h) Limited broadcast domain => adalah alamat broadcast untuk jaringan yang aktif sekarang (current).Paket akan dikirim ke setiap host pada current network, tetapi oleh router akan diblok sehingga broadcast ini akan hanya terkirim ke semua host pada jaringan yang bersangkutan saja.
i)  This host on this network => host yang dimaksud telah diketahui ada pada network yang mana, namun tidak diketahui keberadaan pasti host tersebut pada network itu.
j) Specific host on this network => host yang dimaksud telah di ketahui keberadaannya ada pada network mana dan keberadaannya pada network itu diketahui pasti.
k) Loopback address => IP yang digunakan sebagai media uji coba dimana ip yang di access berada pada computer itu sendiri atau sering disebut localhost. 




No comments:

Post a Comment

Post a Comment